Facebook Membangun Search Engine, mungkinkah?

facebook

Facebook search engine mulai hangat dibicarakan. Mark Zuckerberg selaku pemilik jejaring sosial tersukses saat ini mengatakan:


Setiap hari kami memproses sekitar 1 miliar query penelusuran. Sepertinya mereka menganggap kami sebagai search engine. Mereka menggunakan facebook untuk mencari tempat, penjualan dan berbagai query lainnya.

Apakah perkataan "bos besar" jejaring sosial tersebut merupakan indikasi bahwa facebook akan membangun search engine?


Facebook berpotensi membangun mesin pencari


facebook search engine


Gambar : Mark Zuckerberg pada dialog potensi facebook membangun search engine

Social network atau jejaring sosial saat ini berada pada posisi unik untuk menjawab segala pertanyaan kita. Mungkin hal ini juga yang menjadikan google mulai "melebarkan sayap" dengan menciptakan situs jejaring sosial google plus.

Search engines are really evolving to give you a set of answers, ‘I have a specific question, answer this
question for me.

Facebook memang memiliki potensi untuk itu. Mungkin kita semua setuju bahwa fitur pencarian jejaring sosial tersebut banyak membantu. Tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti akan lahir search engine baru.

Jika benar, seperti apa facebook searh engine?


facebook search engine

Kemungkinan berdirinya facebook sebagai search engine baru memang ada. Tapi tidak berdiri sendiri. Faktor bisnis akan menjadi faktor yang paling mendasarinya. Kemungkinannya, facebook akan bekerjasama dengan bing, msn atau search engine lain tapi tidak pada google. Yang kita ketahui selama ini, google dan facebook adalah 2 kubu yang selalu bersaing dalam dunia bisnis Internet. Jadi perhitungan Saya, facebook tidak akan membangun mesin pencari dalam waktu dekat.


Sekian saja artikel yang Saya tuliskan dalam Tips dan Trik ala Abie. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan jawaban sesuai dengan pertanyaan Anda.


Baca Juga: RBN - Tempat Diskusi Blogger Nusantara Mengadakan Kontes SEO